Apa itu Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif?
Hasil gambar untuk kualitatif
(sumber gambar : Linguistik Id )
Sebelum kita membahas lebih lengkap judul kita "Apa itu Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif? "
Baiknya kita pahamani dulu Penelitian Kualitatif secara garis besar.

Penelitian Kualitatif

Berbeda dengan saudaranya penelitian kuantitatif yang berbasis pada perhitungan angka dan statistika, penelitian kualitatif lebih berfokus pada data deskriptif sebagai dasar gena memahami suatu fenomena dengan lebih mendalam. Penelitian kualitatif menggunakan landasan teori sebagai panduan untuk memfokuskan penelitian,juga mengedapankan proses dan makna yang terdapat dalam fenomena tersebut.



 

Ciri – ciri Penelitian Kualitatif

Untuk lebih memahami mengenai penelitian kualitatif, berikut penulis uraikan ciri-ciri dasar yang perlu diketahui:
  1. Bersifat deskriptif analitis, terlihat dari caranya mengumpulkan dan merekap data yang bukan dicatat dalam bentuk angka namun penjelasan sejelas-jelas dan sedalam-dalamnya. 
  2. Bersifat induktif, yaitu peneltiian dimulai dari data atau fenomena yang ada di lapangan yang kemudian memunculkan teori.
  3. Menggunakan teori yang sudah ada sebagai pedoman dan pendukung, karena meski berangkat dari data namun tetap saja teori digunakan sebagai fokus pembatas dari objek penelitian. 
  4. Berfokus pada makna yang terdapat dalam suatu fenomena yang diteliti, yang dapat digali dari persepsi objek penelitian.
  5. Mengutamakan akan pentingnya proses penelitian yang berjalan, bukan semata mengacu pada hasil yang ingin dicapai.
Selain itu mari ketahui pula Jenis-jenis Metode Penelitian :
A. Naratif
B. Fenomenologi
C. Etnografi
D. Metode Teori Dasar (Grounded Theory) 
E. Studi Kasus
F. Semiotika
G. Analisis Wacana
H. Agenda Setting
Mengenai penjelasnnya akan kita bahas di next posting.

Setelah kita memahami secara garis besar Penelitian Kualitatif maka kita kembali menjawab pertanyaan
Apa itu Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif? 
Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara Ilmia untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
Metode penelitian ini muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu realitas/fenomena/gejala. Dalam paradigma ini realitas sosial dipandangan sebagian sesutu yang holistic(utuh),kompleks,dinamis dan penuh makna. PAradigma yang demikian sidebut paradigma postpositivisme. Paradigma sebelumny disebutparadigma positiveme, dimana dalam memandang gejala, lebih bersifat tunggal,statis, dan konkrit. Paradigma postpositivisme mengembangkan metode penelitian kualitatif.

Proses penelitian dalam Metode Kualitatif bersifat linier,
Sumber masalah -> Rumusan masalah -> Berteori-> Pengajuan hipotesis -> Pengumpulan data -> Analisis data -> Membuat kesimpulan.

Metode Penelitan Komunikasi Kualitatif merupakan sebuah metode penelitian dalam bidang ilmu komunikasi yang berfokus pada data deskriptif dan bersifat kualitatif dan bertujuan sebagai penelitian ataupun pembuktian sangat jarang menggunakan angka.
Published on: 3/28/19, 11:21 AM