Apa perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif?
Sering kali mereka yang melakukan proyek penelitian sering menemukan mereka tidak menyadari perbedaan antara Penelitian Kualitatif dan metode Penelitian Kuantitatif. Banyak yang salah mengira kedua istilah itu bisa digunakan secara bergantian.

Secaras singkat bisa didefenisikan sebagai berikut

Penelitian kualitatif

 

Penelitian Kualitatif terutama adalah penelitian eksplorasi. Ini digunakan untuk mendapatkan pemahaman tentang alasan, pendapat, dan motivasi yang mendasarinya. Ini memberikan wawasan tentang masalah atau membantu mengembangkan ide atau hipotesis untuk penelitian kuantitatif potensial. Penelitian kualitatif juga digunakan untuk mengungkap tren dalam pemikiran dan pendapat, dan menyelam lebih dalam ke masalah. Metode pengumpulan data kualitatif bervariasi dengan menggunakan teknik tidak terstruktur atau semi-terstruktur. Beberapa metode umum termasuk kelompok fokus (diskusi kelompok), wawancara individu, dan partisipasi / pengamatan. Ukuran sampel biasanya kecil, dan responden dipilih untuk memenuhi kuota yang diberikan.

Penelitian kuantitatif

 

Penelitian Kuantitatif digunakan untuk mengukur masalah dengan cara menghasilkan data numerik atau data yang dapat diubah menjadi statistik yang dapat digunakan. Ini digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, perilaku, dan variabel yang ditetapkan lainnya - dan menggeneralisasi hasil dari populasi sampel yang lebih besar. Penelitian Kuantitatif menggunakan data terukur untuk merumuskan fakta dan mengungkap pola dalam penelitian. Metode pengumpulan data kuantitatif jauh lebih terstruktur daripada metode pengumpulan data kualitatif. Metode pengumpulan data kuantitatif mencakup berbagai bentuk survei - survei online, survei kertas , survei ponsel dan survei kios, wawancara tatap muka, wawancara telepon, studi longitudinal, pencegat situs web, polling online, dan pengamatan sistematis.

Tabel Perbandingan 

 

  Kualitatif Kuantitatif
Tipe data yang diambil Data yang tidak dapat diukur dengan angka Data yang bisa diukur dengan angka (numerik)
Contoh data yang diambil Tingkat kepuasan, kenyamanan, kebutuhan, prioritas, alasan memilih sesuatu Statistika, jumlah penduduk di satu negara, persentase kandungan zat tertentu dalam darah, jumlah penjualan per bulan
Tujuan mengumpulkan data Untuk mengetahui pendapat, alasan, motivasi masyarakat banyak terhadap sebuah kegiatan atau persoalan. Untuk memperoleh data numerik yang bisa diolah lebih lanjut, biasanya menggunakan teori, model, dan/atau rumus matematika.
Tipe pertanyaan Terbuka Tertutup
Contoh kesimpulan yang dihasilkan

  • Produk A mempunyai kemasan kurang bagus

  • Pelayanan konsumen di perusahaan X tidak memuaskan

  • Membeli asuransi akan membuat seseorang merasa lebih aman

  • Keuntungan Perusahaan X di bulan Juli menurun

  • Kandungan gula dalam darah Bapak A tinggi, bisa menyebabkan resiko diabetes

  • Jumlah pertumbuhan populasi di negara Y meningkat dibandingkan tahun sebelumnya
(Sumber tabel : https://apaperbedaan.com/penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif/)


Nah kini kita sudah memahami perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif.
saya harap artikel ini bermanfaat. datanglah lagi ke blog ini, pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar jangan jadi silentreader dan teruslah bermanfaat bagi sama.
Published on: 3/28/19, 11:21 AM